Kamis, 10 Maret 2016

Pulau Kubur Lampung, Pesonanya Sungguh Memikat Wisatawan yang Mengunjunginya

Selain Teluk Kiluan yang memang menawarkan pemandangan alamnya yang sangat indah, Di Lampung ini juga terdapat tempat yang tak kalah indahnya dari Teluk Kiluan. Nama tempat tersebut adalah Pulau Kubur yang terletak di Teluk Lampung yang ada di daerah pesisir Bandar Lampung. Pulau ini mempunyai luas hanya sekitar 5 hektare saja.
Kenapa dinamakan Pulau Kubur? Mungkin para penelusur mengira jika pulau ini digunakan sebagai tempat menguburkan orang sehingga dinamakan Pulau Kubur. Namun penafsiran para penelusur tersebut salah, karena ternyata usut punya usut dulunya pulau ini digunakan untuk upacara penaburan abu jenazah ke lautan. Sehingga dinamakanlah Pulau Kubur.
Jika para penelusur ingin berkunjung ke Pulau Kubur, maka para penelusur dapat menempuhnya melalui Pulau Pasaran dengan menggunakan perahu motor dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Pulau Pasaran sendiri dengan Pulau Kubur hanya berjarak sekitar 7 kilometer saja. Selain itu para penelusur juga dapat berangkat dari Pantai Puri Gading atau Tirtayasa yang lokasinya sangat dekat sekali dengan Pulau Kubur. Hanya dibutuhkan waktu sekitar 10 menit saja untuk sampai di Pulau Kubur dengan menggunakan perahu motor.
Pulau kubur sendiri sebenarnya merupakan sebuah pulau karang. Dimana dataran dari pulau ini merupakan karang besar yang dikelilingi oleh lautan. Pulau Kubur terdiri dari dua bagian yaitu pada satu bagian terdapat sebuah pantai, sedangkan bagian yang lain terdapat tebing karang yang menjulang menghadap ke pesisir pantai pulau Lampung. Pulau ini terasa sangat sepi sekali karena tidak adanya penduduk yang tinggal di pulau tersebut.
Pada masa lalunya, Pulau kubur sebenarnya terhubung dengan daratan utama yang ada didekatnya. Namun karena ombak yang terus-menerus menggerus permukaan daratan, sehingga pada akhirnya membuat bagian kecil dari daratan pulau terpisah oleh lautan. Dan daratan yang kecil inilah yang kemudian menjadi Pulau Kubur. Hingga sekarang ombaknya masih terus menggerus Pulau Kubur. Hal ini dapat dilihat dari bagian bawah pulau yang sejajar dengan air laut berukuran lebih kecil ketimbang karang diatasnya.
Keindahan Pulau Kubur ini sebenarnya belum banyak diketahui oleh orang, hal ini dapat dilihat dari belum banyaknya wisatawan yang berkunjung ke pulau ini. Tetapi bagi mereka yang pernah datang ke pulau ini akan dibuat terkesima oleh keindahan pemandangan yang ditawarkan.
Daya tarik utama dari Pulau Kubur adalah panorama alamnya yang masih sangat alami, sehingga membuat para penelusur dapat merasakan sepoi-sepoi angin, suasana yang nyaman dan juga banyaknya ikan hias yang tersebar di sekitar pantai pulau ini. Selain itu rimbunan pepohonan yang berada di atas bukit menambah kesejukan saat berwisata di Pulau ini.
Pulau Kubur merupakan lokasi yang sangat pas buat para penelusur yang mempunyai hobi memancing. Karena pada dasarnya pulau Kubur itu merupakan sebuah karang besar. Dan karang sendiri adalah tempat favorit bagi ikan-ikan besar untuk berkumpul.
Namun para penelusur memancingnya tidak dari atas pulau, karena kalau dari atas pulau maka dipastikan kail para penelusur akan selalu menyangkut di karang. Jika ingin memancing, para penelusur dapat menyewa perahu motor untuk mengantarkan para penelusur ke spot yang terbaik untuk memancing dan letaknya tidak jauh dari Pulau Kubur. Setelah sampai di lokasi, langsung saja ayunkan pancingan para penelusur dari atas perahu motor ke sekitar karang yang ada di Pulau Kubur tersebut.
Di Pulau Kubur sendiri terdapat beberapa pondokan sederhana yang bisa para penelusur manfaatkan untuk beristirahat. Meskipun pondok – pondok tersebut tidak menggunakan teknologi dalam membangunnya, namun para penelusur nggak perlu cemas karena pondok tersebut aman untuk beristirahat.
Oh ya para penelusur jika ingin berwisata ke Pulau Kubur jangan lupa membawa berbagai kebutuhan wisata. Selain itu, selama berwisata di Pulau Kubur ini para penelusur tetap menjaga kelestarian lingkungan ya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan juga tidak merusak berbagai fasilitas yang ada di pulau tersebut. Selamat berlibur para penelusur



Bagaimana? tertarik untuk liburan dan telusuri wisata Pulau Kubur Lampungdengan pemandangan alamnya yang sangat mengagumkan sekali?
Ayo ajak keluarga, teman, pacar, atau siapalah untuk kesini!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar