Senin, 07 Maret 2016

Pulau Banyak, Aceh Singkil

Kepulauan Banyak di Aceh Singkil merupakan Kepulauan yang masih belum banyak orang tahu, Kepulauan Banyak ini tersebar 70 pulau. sebagian besar pulau yang tak berpenghuni dan sebagian adalah resort resort sederhana yang langsung menghadap ke pantai. ketika datang kesini memang saya tidak banyak mengexplore yang jumlahnya lebih dari 60 pulau tersebut, saya mengexplore ke beberapa pulau yang katanya dibilang bagus.
Saya mengunjungi Pulau Tailana, pulau ini sangat asyik untuk snorkling. ada beberapa gubuk ato resort sederhana disini yang dipunyai orang lokal, dan disekitar pulau kita bisa trekking dan menikmati hamparan pasir putih yang mempesona. ketika kesini saya membawa drone untuk kebutuhan foto udara, tampak jelas terlihat bukan disekitar pulau sangat banyak karangnya. hanya sayangnya karena dulu sempat tidak terurus karang disini sebagian banyak yang rusak karena ulah nelayan dan masyarakat setempat yang kurang menjaganya.



Aktivitas yang bisa dilakukan di pulau banyak :

1. bersantai santai di Pantai, ketika melakukan perjalanan jauh dari Medan ke Aceh Singkil lumayan melelahkan. setiba di Pulau kita bisa bersantai sambil menyantap cemilan dan minuman dingin sambil menikmati keindahan alam dan pulau.

2. Snorkling disekitar pulau memang menyenangkan, saran saya pilihlah kapal yang kecil agar bisa menepi ke pulau pulau yang kecil. karena banyak keindahan pantai yang masih bagus di pulau pulau yang kecil.

3. Surfing, bagi yang bisa surfing disinilah tempatnya. karena kepulauan Banyak punya 2 titik titik ombak dengan ketinggian mencapai 6 m tersebar di seluruh Kepulauan Banyak. Salah satunya adalah Pulau Bangkaru, ujung Silingar dan bagian selatan Pulau Tuangku. Tempat yang paling sering di kunjungi peselancar adalah Pantai Amandangan dan Pantai Pelanggaran di Pulau Bangkaru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar